Software Bisnis

Aplikasi bisnis terbaik agar usaha lebih produktif

  • Mengelola operasional bisnis lebih mudah dan cepat
  • Berbagai macam aplikasi yang saling terintegrasi
  • Aplikasi bisa digunakan di desktop dan smartphone
aplikasi bisnis terintegrasi Mekari

Aplikasi yang dapat membantu
pengusaha menjalankan bisnis

Dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, banyak aplikasi yang dapat membantu perusahaan yang dapat membantu dalam menjalankan bisnisnya. Karena kebutuhan setiap bisnis berbeda-beda, maka Anda harus bisa memilih aplikasi apa yang benar-benar efektif untuk digunakan.

Beberapa kegiatan bisnis yang biasanya memerlukan bantuan teknologi dalam menjalankannya adalah mencatat pengeluaran dan pendapatan, membuat laporan keuangan, mengelola invetaris perusahaan, memantau stok barang, mengelola absensi karyawan, mengelola penggajian karyawan hingga mempermudah urusan perpajakan.

Berikut adalah aplikasi-aplikasi yang mampu membantu Anda menajalan bisnis dengan lebih mudah.

aplikasi akuntansi dari Jurnal by Mekari

Aplikasi akuntansi dari Mekari Jurnal

Bagi Anda yang memiliki perusahaan dengan jumlah transaksi keuangan yang banyak dan memerlukan waktu lama dalam pengerjaan laporan keuangan, maka Anda sangat membutuhkan aplikasi ini.

Penggunaan aplikasi akuntansi membuat Anda lebih hemat biaya tenaga dan waktu, karena proses perhitungan dan pencatatan keuangan dikelola dengan otomatis. Hal ini akan membuat Anda mendapatkan laporan keuangan tepat pada waktunya dan keputusan bisnis akan lebih akurat.

WhatsApp sales
aplikasi laporan keuangan perusahaan yang lengkap

Aplikasi laporan keuangan Mekari Jurnal

Aplikasi ini merupakan bagian dari aplikasi akuntansi Mekari Jurnal. Anda dapat memilih laporan keuangan apa saja yang ingin Anda peroleh dengan cepat.

Mulai dari laporan laba rugi, cash flow, pendapatan, pengeluaran, neraca keuangan dan perubahan modal. Semua laporan keuangan tersebut dapat Anda peroleh dalam satu aplikasi yang mudah digunakan.

WhatsApp sales
fitur buku besar

Aplikasi pembukuan keuangan Mekari Jurnal

Selain fitur laporan keuangan, Mekari Jurnal juga memiliki aplikasi pembukuan yang dapat membantu Anda dalam mencatat segala jenis transaksi yang terjadi secara otomatis.

Perusahaan dapat meminimalisir kesalahan yang dibuat oleh admin dalam pencatatan manual, selain itu perusahaan juga dapat menghemat pengeluaran untuk merekrut banyak admin yang mencatat transaksi.

WhatsApp sales
aplikasi inventory Jurnal by Mekari

Aplikasi inventory Mekari Jurnal

Bagi bisnis ritel yang memiliki produk atau yang bahan baku untuk disimpan, aplikasi inventory dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengelola persediaan barang dan mencatat keluar masuknya barang.

Dengan dukungan sistem cloud, Anda dapat memantau persediaan barang dimanapun dan kapanpun, sehingga tidak akan ada komplain dari pelanggan ketika ternyata barang yang dipesan sudah habis.

WhatsApp sales
dashboard laporan kehadiran karyawan

Aplikasi absensi online Mekari Talenta

Banyak perusahaan yang masih menggunakan sistem absensi manual. Padahal dengan absensi manual, kecurangan akan banyak terjadi, seperti titip absen dan manipulasi jam check in dan check out.

Aplikasi absensi yang satu ini hadir sebagai solusi agar kecurangan dapat dihilangkan. Anda juga dapat mengintegrasikan aplikasi ini dengan mesin fingerprint yang Anda miliki.

Aplikasi ini memiliki fitur absen yang dapat mengenali wajah karyawan (face recognition) dan GPS tracking yang mampu memberikan informasi yang akurat dan real-time.

WhatsApp sales
aplikasi absen terintegrasi payroll

Aplikasi payroll Mekari Talenta

Gaji merupakan elemen yang penting dalam suatu perusahaan. Masalah yang mungkin terjadi adalah ketika pendistribusian gaji kepada karyawan sering tidak sesuai dengan seharusnya.

Ada banyak elemen yang menentukan gaji setiap karyawan setiap bulannya, misalnya jumlah absensi kehadiran, pemotongan pajak, pemotongan asuransi, dan reimbursement.

Oleh karena itu, menggunakan aplikasi payroll Mekari Talenta bisa menyelesaikan masalah penggajian yg sering terjadi. Anda dapat mendistribusikan gaji secara otomatis dan kalkulasi jumlah gaji juga tepat karena sudah terintegrasi dengan absen karyawan, pajak dan sistem reimbursement di kantor.

WhatsApp sales
KPI perusahaan pada aplikasi penilaian kinerja karyawan

Aplikasi penilaian kinerja karyawan Mekari Talenta

Aplikasi ini dapat memudahkan dalam hal pendistribusian task kerja dan menilai kinerja karyawan berdasarkan KPI yang sudah ditentukan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka semua karyawan akan bekerja lebih produktif dan dapat fokus dalam mencapai KPI.

WhatsApp sales
dashboard mekari flex untuk menggunakan fitur earned wage access

Aplikasi kesejahteraan karyawan Mekari Flex

Aplikasi ini terkait dengan pengelolaan kesejahteraan karyawan dengan menyediakan fitur flexible benefits dan earned wage access.

Earned wage access artinya karyawan dapat mengambil atau menggunakan gaji mereka walaupun belum pada waktunya (tanggal gajian). Ini akan membantu karyawan yang memiliki keperluan mendadak dan memerlukan uang saat itu juga. Jadi daripada meminjam ke platform pinjaman online yang akan dikenakan bunga tinggi, maka alangkah lebih baik karyawan dapat mengakses gajinya lebih awal. Manfaatnya adalah karyawan bisa tetap fokus dengan pekerjaannya tanpa perlu memikirkan bunga pinjaman yang tinggi.

Sementara fitur flexible benefits membantu karyawan dalam memenuhi kebutuhannya. Karyawan bebas memilih benefit apa yang dibutuhkan. Contohnya adalah voucher belanja, voucher makan siang, gym, alat olahraga, layanan psikologi, kaca mata, dan masih banyak yang lainnya.

WhatsApp sales
contoh efaktur pajak

Aplikasi Pajak Mekari Klikpajak

Mengurus pajak kadang menjadi hal yang cukup memakan waktu, banyak pekerjaan yang harus ditelantarkan ketika mengurus administrasi pajak, membayar dan melaporkannya.

Aplikasi ini akan membuat proses perpajakan menjadi lebih mudah dan praktis. Anda dapat membayar, melaporkan, hingga menyimpan dokumen di dalam satu aplikasi. Pehitungan pajak otomatis dan terintegrasi dengan pembukuan keuangan membuat aplikasi ini menjadi pilihan tepat bagi perusahaan yang ingin menghemat waktu, biaya dan tenaga dalam mengelola pajak.

WhatsApp sales
chatbot customer service

Aplikasi CRM Mekari Qontak

Ketika Anda ingin mempercepat penjualan produk tanpa mengurangi kualitas dalam melayani pelanggan, maka Anda akan membutuhkan bantuan teknologi dalam melakukannya.

Aplikasi CRM dapat membantu Anda mengelola kepuasan pelanggan dengan menghadirkan fitur-fitur yang bermanfaat seperti chatbot, lacak lokasi sales tim dan KPInya, customer service, dan integrasi dengan whatsapp business.

WhatsApp sales

AB WIBOWO, S.S., M.Hum., M.A

Apa itu aplikasi perusahaan?

Aplikasi perusahaan adalah sebuah perangkat lunak atau software yang dijalankan dengan teknologi komputer dan internet untuk menunjang kegiatan operasional bisnis, sehingga produktivitas perusahaan meningkat.

Mekari menyediakan berbagai pilihan aplikasi bisnis yang dapat membantu perusahaan menjalankan kegiatan operasional seperti pencatatan transaksi penjualan, pembuatan laporan keuangan, administrasi HR, customer service, hingga mengelola urusan perpajakan.

Pengertian aplikasi bisnis adalah software atau alat bantu yang dapat membantu bisnis usaha untuk menyelesaikan masalah operasional yang sedang dialami.

Terdapat banyak jenis aplikasi bisnis untuk setiap permasalahan operasional. Berikut adalah 10 aplikasi bisnis terbaik yang dapat digunakan bisnis atau perusahaan Anda.

1. Aplikasi Bisnis Mekari
Mekari merupakan perusahaan SaaS terbaik di Indonesia yang memiliki beragam software yang dapat membuat proses operasional perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien. Anda tidak perlu berlangganan semua fiturnya, Mekari membebaskan pengusaha memilih fitur sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

– Fitur-fitur utama: Aplikasi akuntansi, aplikasi HRIS, software CRM, software inventory, aplikasi pajak
– Versi gratis: Tersedia free demo
– Website: https://mekari.com/

2. Microsoft Planner
Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan aplikasi Microsoft lainnya, seperti Microsoft Office. Fungsi dari aplikasi ini adalah mengatur dan memantau pekerjaan karyawan agar sesuai dengan yang sudah direncanakan.

– Fitur-fitur utama: Membuat papan kanban, memberikan label pada setiap tugas, membuat to-do list, terintegrasi dengan produk micrsoft lainnya.
– Versi gratis: Tidak tersedia
– Website: https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-365/business/task-management-software

3. Google Docs
Anda pasti pernah menggunakan aplikasi Google Docs untuk membantu menyelesaikan pekerjaan kantor. Aplikasi ini memang cukup populer karena fitur-fitur yang familiar dan mudah digunakan karena berbasis website.

– Fitur-fitur utama: Membuat dokumen teks, membuat dokumen presentasi, membuat tabel, dan membuat form survey.
– Versi gratis: Tersedia
– Website: https://docs.google.com/ 

4. Workplace
Workplace adalah aplikasi milik Facebook Meta untuk komunikasi yang aman di kantor. Anda dapat mengirim file dan chatting dengan teman sekantor.

– Fitur-fitur utama: chat dengan tim, membuat grup komunikasi per divisi, mengirim file video, dokumen, dan gambar.
– Versi gratis: Tersedia free demo 30 hari
– Website: https://www.workplace.com/

5. Hootsuite
Jika Anda sedang mengelola media sosial sebuah perusahaan, maka Hootsuite bisa menjadi salah satu alat bantu yang dapat mempermudah pekerjaan Anda.

– Fitur-fitur utama: menjadwalkan postingan media sosial, mengelola banyak akun media sosial dalam satu aplikasi, membalas komentar dan pesan di media sosial.
– Versi gratis: Tersedia free demo 30 hari
– Website: https://www.hootsuite.com/

6. Google Bisnisku
Salah satu layanan dari Google ini dapat membantu Anda memunculkan bisnis Anda pada pencarian lokal di suatu daerah. Anda dapat membuat titik lokasi bisnis di Google Map.

– Fitur-fitur utama: Membuat titik lokasi di map, membuat informasi bisnis, berkomunikasi dengan pelanggan, laporan analisis bisnis di Google Map.
– Versi gratis: Tersedia
– Website: https://www.google.com/intl/id_id/business/

7. Raja Ongkir
Bagi Anda yang menjual produk secara online, maka Anda akan sering mengirim barang jika mendapatkan pembeli di luar daerah penjualan. Aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengecek ongkos kirim adalah Raja Ongkir.

– Fitur-fitur utama: mengecek ongkos kirim setiap jasa pengiriman, API ongkos kirim, widget website.
– Versi gratis: Tersedia
– Website: https://rajaongkir.com/

8. Whatsapp Business
Whatsapp merupakan alat komunikasi yang paling banyak digunakan di Indonesia saat ini. Dengan Whatsapp Business, Anda akan lebih mudah dalam mengelola komunikasi dengan pelanggan.

– Fitur-fitur utama: Katalog produk, aplikasi chat, label pelanggan.
– Versi gratis: Tersedia
– Website: https://business.whatsapp.com/

9. Planoly
Mirip dengan Hubspot, aplikasi ini berfungsi untuk menjadwalkan postingan media sosial dan mengelola setiap kontennya. Tersedia juga manajemen konten untuk TikTok yang sedang populer.

– Fitur-fitur utama: manajemen akun media sosial, menjadwalkan postingan media sosial, membalas komentar.
– Versi gratis: Tersedia free demo 7 hari
– Website: https://www.planoly.com/

10. Canva
Canva merupakan aplikasi yang berguna untuk membuat segala jenis desain, seperti desain logo, poster, postingan media sosial, website dan masih banyak yang lainnya.

– Fitur-fitur utama: membuat desain, download desain dalam berbagai jenis file, membuat landing page.
– Versi gratis: Tersedia
– Website: https://www.canva.com/id_id/

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi, maka aplikasi untuk menunjang kegiatan bisnis menjadi semakin banyak.

Berikut adalah tips cara memilih aplikasi bisnis agar cocok dengan bisnis Anda.

1. Lakukan riset terhadap aplikasi yang akan Anda pilih. Anda harus mengetahui siapakah pengembang perangkat lunak ini. Cari tahu juga sudah berapa lama aplikasi ini diluncurkan dan berapa jumlah kliennya. Jika perusahaan memiliki kredibilitas tinggi, maka Anda dapat percaya dengan produk aplikasinya.

2. Pilihlah fitur yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda saat ini. Anda harus mengetahui terlebih dahulu masalah apa yang sedang dihadapi oleh perusahaan yang memaksa Anda untuk menggunakan suatu aplikasi bisnis. Hal ini berguna agar biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia.

3. Pilih aplikasi yang harganya dapat dijangkau oleh bisnis Anda. Jika Anda menemukan aplikasi yang memiliki harga terjangkau dengan fitur lengkap, maka jangan ragu untuk menggunakannya.

4. Pastikan customer service dapat dihubungi dengan mudah. Anda akan merasa tenang ketika terjadi masalah pada aplikasi, customer service mereka dengan cepat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

5. Terakhir, Anda boleh meminta pendapat atau saran dari sesama pebisnis baik di forum atau menghubungi langsung. Ini akan membantu menambah referensi dari user yang telah menggunakan aplikasinya.

Mekari Jurnal dan Mekari Talenta adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan di mobile Androin dan iOS. Tampilan di mobile juga sudah user-friendly sehingga mudah dan praktis saat digunakan.

Dengan aplikasi bisnis mobile Anda dapat memantau aktivitas keuangan dan mengelola administrasi HR dari mana saja dan kapan saja.

Jika Anda tertarik dengan produk aplikasi bisnis dari Mekari, Anda dapat menghubungi tim sales kami

Untuk harga setiap aplikasi, dapat Anda lihat di halaman harga.

logomark-Mekari

Platform bisnis yang membantu operasional bisnis sehari-hari

Selesaikan lebih banyak tanpa mengkompromikan akurasi dan kecepatan dengan berbagai solusi dari Mekari yang telah digunakan oleh ribuan bisnis.

WhatsApp WhatsApp kami