Jurnal.id Rilis Cara Menyusun Laporan Pembukuan Akhir Tahun Mudah dan Praktis untuk Pengembangan Usaha Kecil Menengah

14 December 2017

Agar pelaku UKM online dan offline dapat fokus mengembangkan bisnisnya di momen-momen seperti Harbolnas dan natal tanpa perlu khawatir dengan berbagai kendala administrasi maupun operasional khususnya pembukuan akhir tahun, Jurnal.id, Simple Online Accounting Software mengakomodasi kemudahan bagi pelaku UKM dalam hal pencatatan transaksi pembayaran, pengecekan inventori, dan pembukuan akhir tahun secara tepat dan akurat.

Akhir tahun identik dengan beragam penawaran diskon, salah satunya pada momen Harbolnas yang dimeriahkan oleh 254 e-commerce, serta natal dan tahun baru yang menjadi perhatian para UKM agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas sekaligus mencapai target penjualannya. Pelaku UKM online dan offline cenderung sibuk dengan berbagai proses, dari pengemasan hingga pengiriman barang menjadi salah faktor pemilik UKM membutuhkan bantuan profesional akuntan untuk membantu mereka dalam pembuatan laporan, mulai dari inventori barang, pembayaran, penerimaan dana, pembuatan invoice/faktur, hingga laporan keuangan bulanan dan tahunan secara tepat, yang pada dasarnya memakan waktu banyak dan sangat krusial. Jurnal.id menghadirkan solusi pembukuan yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja untuk memudahkan para pelaku UKM digital dalam menangani masalah laporan keuangan secara realtime.

Daniel Witono, Chief Executive Officer Jurnal.id mengatakan: “Para UKM cenderung fokus dalam bisnis mereka dari online maupun offline. Momen akhir tahun seperti natal dan tahun baru selalu digunakan sebagai strategi market mereka, hal tersebut harus diimbangi dengan kesiapan para pelaku UKM dalam mengelola bisnis baik dalam proses operasional maupun administrasi secara khusus laporan keuangan. Dengan adanya Jurnal.id, proses pencatatan dan pembukuan otomatis secara realtime dapat dilakukan sehingga UKM tidak perlu khawatir dan fokus kepada target mereka.”

Adapun tips dari Jurnal.id bagi para UKM dalam hal menyusun laporan akhir tahun sebagai berikut:

1. Laporan sederhana dan validnya data yang disusun secara sistematis dan benar
Hal ini akan memudahkan para pelaku UKM memahami kondisi keuangan mereka selama periode tertentu. Penyajian dengan bahasa yang sederhana serta data yang akurat akan membantu mereka dalam hal mengambil keputusan untuk kelanjutan bisnis mereka.

2. Kode teratur untuk mempermudah proses identifikasi
Banyaknya produk dan barang yang masuk selama setahun merupakan faktor utama yang mengharuskan para pelaku UKM memberikan seri/kode khusus agar dapat dilihat efektivitas yang didapat dalam periode tertentu. Selain itu seri/kode tersebut juga menjadi tolok ukur mereka dalam hal mengambil keputusan untuk perencanaan penjualan tahun selanjutnya.

3. Disiplin dengan deadline dan waktu penyampaiannya
Penyusunan data dan penyampaiannya wajib tepat waktu sehingga penerima laporan memiliki waktu dapat mempelajari arus kas untuk produk atau jasa pada periode tertentu yang berdampak pada perkembangan bisnis mereka ditahun selanjutnya.

Jurnal.id merupakan software akuntansi online mudah yang tersedia sebagai layanan dan dapat diakses di mana pun, kapan pun selama ada koneksi internet. Dengan Jurnal.id, pengguna dapat menikmati kemudahan dalam hal pembuatan invoice/faktur, pembuatan neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, pengecekan inventori hingga pembuatan laporan keuangan perusahaan dengan lebih mudah, cepat, aman, dan nyaman dengan data yang dapat diakses secara realtime.

Selain itu, Jurnal.id juga memberi kemudahan transaksi kepada pelaku bisnis online, dengan fitur Jurnal Pay yang telah terintegrasi dengan payment portal, Xendit. Melalui Jurnal Pay, para pelaku UKM dapat membayar maupun menerima pembayaran secara langsung melalui virtual account atau kartu kredit.

Jurnal.id dapat diakses di situs www.jurnal.id dan tersedia di platform Android, download aplikasinya melalui PlayStore untuk mendapatkan layanan platform pembukuan online secara gratis selama 14 hari.

Related Articles

Read more news and update about Mekari