Jurnal Berikan Tips Pembukuan Yang Simple di SMESCO Excellent Entrepreneur Seminar

17 April 2016

Sejak pagi Galeri Indonesia WOW! Di Gedung Smesco, Jakarta, dipenuhi oleh para peserta yang ingin menambah pengetahuannya akan bagaimana menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Para pelaku UKM yang hadir terlihat antusias untuk mendengarkan serta aktif bertanya kepada para materi yang berasal dari para pengusaha sukses. Acara yang diadakan oleh Komunitas Excellent ini memberikan materi beragam yang secara bergantian diisi oelh pemateri sejak hari Sabtu, 16 April 2016 kemarin. Mulai dari materi “Strategi Mengembangkan UKM Indonesia di Pasar Global “ hingga “Cara Cerdas Membuat Laporan Keuangan” yang diisi oleh Anthony Kosasih, Founder dari Jurnal.id.

Disadari atau tidak, pembukuan adalah salah satu aktivitas yang sangat penting bagi suksesnya sebuah bisnis atau usaha. “Selain produk dan strategi pemasaran, pembukuan yang baik juga akan menunjang berhasi atau tidaknya sebuah usaha atau bisnis yang sedang dijalani. Namun saat ini para pengusaha masih banyak yang menggunakan sistem pembukuan akuntansi manual. Sistem tersebut seringkali membuat pengusaha kesulitan untuk mendapatkan informasi kemajuan keuangan usahanya secara langsung atau realtime. Atau juga perlu waktu yang banyak untuk mensinkronkan antara buku yang satu dengan lainnya”, ungkap Anthony pada sharing session.

Jurnal diciptakan untuk membantu para pengusaha agar pengusaha dapat lebih mudah untuk melakukan aktivitas pembukuan akuntasi untuk usaha atau bisnisnya. Semua kebutuhan pembukuan akuntasi bisa didapat dalam 1 dashboard yang ada di Jurnal, mulai dari pencatatan penjualan dan pembelian, inventory, arus kas, buku besar, dan lain sebagainya. Dengan teknologi cloud, jurnal dapat diakses secara online sehingga kapan pun dan di mana pun para pengusaha bias mendapatkan laporan keuangan untuk memantau perkembangan usaha atau bisnisnya.

Aplikasi pembukuan akuntansi online ini juga sangat mudah digunakan. Tidak perlu menjadi seorang yang ahli, karena aplikasi ini sudah menyediakan panel-panel yang user friendly serta diberikan juga manual penggunaannya. Para peserta terlihat antusias dengan pemaparan dari Anthony ini. Mereka bergantian bertanya, mulai dari seberapa aman data mereka, apakah data di-back-up , dan lain sebagainya.

Para pelaku UKM yang ikut dalam seminar SMESCO Excellent Entrepreneurs Seminar rata-rata adalah orang berusia produktif yang baru mulai atau sudah bertahun-tahun menjalani usaha sendiri. Mereka beranggapan dengan kemajuan teknologi yang membuat mereka lebih mudah dalam mengembangkan usaha atau bisnisnya serta dukungan dari pemerintah saat ini membuat mereka lebih bersemangat. Abdullah dari Jakarta mengatakan bahwa dia berharap agar akan lebih banyak acara seperti ini. Dengan mengikuti acara ini, dia bisa lebih mengetahui lebih banyak informasi penting guna memajukan usaha dagang yang sudah lama dijalaninnya.

Related Articles

Read more news and update about Mekari