Image

Manfaat Earned Wage Access untuk Kesejahteraan Karyawan

Apakah Anda mengetahui istilah Earned Wage Access atau EWA serta manfaat menggunakannya? Bagi sebagian orang, istilah earned wage access ini mungkin masih terlalu asing.

Di masa di mana semua serba on demand, tentu setiap orang mengharapkan untuk mendapatkan sesuatu dengan segera.

Jadi ketika pengeluaran uang untuk memenuhi kebutuhan terjadi setiap hari, kenapa juga kita tidak bisa mendapatkan upah seperti itu juga? Sehingga, pekerjaan selama satu hari juga layak untuk dibayar sebesar upah satu hari tersebut.

Inilah bagaimana konsep earned wage access bekerja. Di artikel ini, Mekari akan membahas mengenai pengertian EWA lebih lanjut dan apa saja manfaatnya yang dapat meringankan beban karyawan.

Pengertian Earned Wage Access

Secara singkat, earned wage access adalah bagaimana karyawan dapat mengakses sebagian gajinya sebelum hari gajian tiba. Biasanya, earned wage access memungkinkan karyawan untuk mengakses sekitar 20-50% dari gajinya.

Nantinya di tanggal gajian, karyawan akan menerima sisa gaji yang telah diambil sebelumnya itu.

Bagaimana EWA dapat bekerja? Mekanisme ini sebenarnya cukup sederhana. Pada dasarnya, gaji yang karyawan terima adalah akumulasi dari upah harian selama satu bulan.

Dahulu, mungkin sistem gaji harian atau mingguan adalah hal yang normal. Tapi dengan adanya sistem payroll yang dipakai hingga saat ini, seluruh dunia menggunakan skema pembayaran gaji yang diakumulasi selama satu bulan.

Sistem gaji bulanan ini membuat perusahaan jadi lebih mudah dalam mengontrol cash flow. Karena sistemnya masih manual, akan sulit untuk melacak cash flow untuk transaksi terjadi setiap saat dan menghabiskan waktu tim payroll perusahaan.

Kini dengan perkembangan teknologi, adanya HRIS membuat sistem payroll, attendance, dan berbagai kebutuhan administrasi HR dapat saling terintegrasi dan dapat di-update secara realtime.

Sehingga, skema earned wage access saat karyawan mengambil sebagian gajinya sebelum gajian jadi dapat direalisasikan dengan mudah.

Earned Wage Access sendiri adalah salah satu keunggulan dari fitur yang ada di Mekari Flex. Di Mekari Flex, karyawan dapat mengambil nominal gaji berdasarkan jumlah hari ia telah bekerja di bulan tersebut.

Misalnya, seorang karyawan yang memiliki gaji Rp10 juta setiap bulan butuh uang di hari ke-15 bulan Januari.

Karena ia sudah bekerja selama 15 hari di bulan tersebut, ia berencana mengambil Rp3 juta untuk memenuhi kebutuhannya. Nantinya di hari gajian, ia akan mendapatkan sisa gajinya tersebut.

Adanya earned wage access ini memudahkan karyawan sehingga mereka tidak perlu mencari pinjaman ke tempat lain seperti pinjaman online yang kerap merugikan.

Baca juga: Inilah Alasan Pinjaman Karyawan Kurang Baik untuk Karyawan dan Perusahaan

Manfaat Menggunakan Earned Wage Access: Tingkatkan Kesejahteraan Finansial Karyawan

Setiap orang tentu punya tanggung jawab masing-masing atas bagaimana mereka mengelola keuangan.

Namun, kita tidak bisa memungkiri bahwa ketimpangan masih tetap akan terjadi. Ada karyawan yang dapat menabung dan hidup berkecukupan, sementara karyawan lainnya harus menjadi sandwich generation, membiayai kedua orang tuanya dan membiayai adiknya.

Dengan adanya kondisi karyawan yang beragam, perusahaan memiliki peran untuk meringankan beban karyawannya dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Salah satu caranya adalah dengan earned wage access yang memiliki beragam manfaat seperti:

Berikan kebebasan pada karyawan untuk melakukan budgeting

Sebuah studi menunjukkan bahwa mendapatkan gaji setiap bulan membuat orang lebih sulit dalam mengelola keuangannya. Enam dari 10 orang bahkan menyesali keputusan atas pengeluaran yang mereka keluarkan setelah gajian.

Satu dari 2 orang tersebut bahkan mengaku kehabisan uang atau perlu mengambil sebagian dari tabungan mereka untuk kebutuhan sehari-hari sebelum mereka gajian lagi.

Menurut Stephen Spiller, Professor of Marketing and Behavioral Decision Making, seseorang diberikan opsi untuk dapat mengakses gaji lebih rutin akan lebih mudah untuk mengelolanya.

Hal ini disebabkan karena orang akan lebih memerhatikan pengeluarannya ketika mereka dibayar dalam jumlah yang kecil namun lebih sering.

Memang, setiap orang memiliki cara mengatur uangnya. Sehingga, memberikan mereka fleksibilitas untuk mengakses gaji dengan cara yang lebih menguntungkan mereka akan lebih baik.

Baca juga: Ini Peran Perusahaan dalam Kesejahteraan Finansial Karyawan

Mengurangi stres dan ketergantungan terhadap pinjaman

Ketika kondisi finansial karyawan sedang cekak, karyawan cenderung mengandalkan jalan pintas seperti pinjaman online yang terkadang bentuknya ilegal.

Namun pinjaman online terkadang menjadi lingkaran setan yang membuat karyawan kesulitan keluar dari jeratnya. Di mana ketika ia telat membayar, denda dan bunganya kepalang besar sehingga mereka kerap hanya mampu membayar bunganya saja.

Akibatnya utang yang tak kunjung selesai, karyawan mengalami stres berkepanjangan dan berdampak pada pekerjaan mereka.

Dengan Earned Wage Access, karyawan dibebaskan dari jeratan bunga pinjaman karena EWA bukanlah pinjaman, melainkan gaji karyawan.

Sehingga selain akan membantu kehidupan karyawan, hal ini juga membantu cash flow perusahaan karena perusahaan tidak perlu mengeluarkan budget ekstra.

Ini lah yang coba dihadirkan oleh Mekari Flex lewat fitur Earned Wage Access. Karyawan dapat lebih leluasa mengakses gaji mereka, menyesuaikan kebutuhan yang harus mereka penuhi.

Sehingga jika disimpulkan, Earned Wage Access memiliki keunggulan seperti:

  • Karyawan tidak perlu lagi mencari pinjaman dana dari tempat lain karena bisa mengakses gaji yang sudah diperoleh tanpa bunga
  • Karyawan dapat lebih leluasa mengatur keuangan mereka, disesuaikan dengan tanggal tagihan-tagihan ataupun kebutuhan tidak terduga
  • Selain akses gaji secara langsung, karyawan juga bisa membayar tagihan lainnya seperti listrik, air, pulsa, dan lain-lain lewat aplikasi Mekari Flex

Itulah tadi penjelasan mengenai Earned Wage Access dan juga manfaatnya yang bisa didapatkan dari Mekari Flex.

Tertarik menjadikan Mekari Flex sebagai solusi menyejahterakan karyawan Anda? Anda bisa menghubungi tim Mekari untuk tanya-tanya lebih lanjut pada link berikut ini.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami