Home / Blog / Business & Economy

7 Manfaat Penting Akuntansi dalam Mengembangkan Bisnis

manfaat akuntansi
Daftar isi
Mode

Beragam kegiatan ekonomi yang kita lakukan, akan selalu berkaitan dengan akuntansi. Disadari ataupun tidak, ada banyak manfaat akuntansi yang memudahkan kita dalam berkegiatan sehari-hari, terutama dalam bisnis.

Salah satu manfaat akuntansi bagi masyarakat yang kerap ditemui ialah ketika mengatur keuangan keluarga. Selain itu juga pada saat memulai usaha.

Lebih daripada itu, ada banyak manfaat penting dari akuntansi lainnya. Namun sebelumnya, kita pelajari dahulu apa pengertiannya.

Pengertian Akuntansi

Akuntansi adalah serangkaian kegiatan yang meliputi pencatatan, pengukuran, identifikasi serta pelaporan segala bentuk transaksi keuangan.

Tujuannya yaitu memberikan informasi akurat terkait kesatuan ekonomi bagi seluruh pihak yang berkepentingan.

Dari pengertian atau definisi secara umum di atas, beberapa ahli ekonom mencoba mengulik lebih dalam arti dan juga manfaat akuntansi.

Adapun definisi serta manfaat akuntansi menurut para ahli diantaranya adalah:

1. C. West Churman

Beliau mendefinisikan akuntansi dengan sederhana, yakni sebagai tulisan yang memiliki manfaat berupa pengalaman bagi penulisnya dan juga pertimbangan pengambilan keputusan.

2. Suparwoto L.

Akuntansi diartikan sebagai sistem yang dipakai untuk mengukur serta mengelola arus keuangan. Dari sistem tersebut kemudian dihasilkan informasi keuangan bagi pihak internal dan juga eksternal yang berkepentingan.

3. Riyono dan Sugiri

Mereka mengartikan akuntansi sebagai aktivitas yang berfungsi menyediakan informasi kuantitatif terkait keuangan.

Dimana informasi tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu pertimbangan sebelum membuat keputusan ekonomi.

Dari pendapat-pendapat para ahli tersebut, dapat dirangkum menjadi satu kesimpulan terkait akuntansi seperti:

  • Akuntansi memerlukan tahapan dalam kegiatannya
  • Adanya bahan yang menjadi dasar kegiatan akuntansi
  • Memberikan informasi hasil olahan data berupa laporan
  • Adanya tahap pembuatan keputusan berdasar informasi dari hasil olahan data

Dari pendapat para ahli tersebut juga dapat dibuat kesimpulan terkait manfaat akuntansi secara umum atau global.

Apa saja manfaatnya? Silahkan lanjut ke bahasan berikutnya!

Manfaat Akuntansi untuk Bisnis

Ada banyak manfaat akuntansi yang bisa kita dapatkan jika menjalankannya dengan benar. Terlebih bagi para pelaku usaha, akuntansi memberi manfaat penting terkait perkembangan usaha ke depannya.

Bukan hanya bagi usaha, akuntansi bahkan juga memberi manfaat bagi organisasi terkecil yaitu keluarga. Untuk manfaatnya secara global atau umum, bisa dijabarkan sebagai berikut:

1. Catatan Keuangan yang Rapi

Sebagaimana kesimpulan di atas, bahwa akuntansi memiliki bahan untuk diolah menjadi kegiatan akuntansi.

Bahan yang dimaksud tidak lain adalah keseluruhan transaksi. Agar kegiatan transaksi dapat berjalan lancar serta teratur, maka diperlukan catatan transaksi atau arus keuangan yang rapi.

Dengan adanya catatan yang lengkap dan rapi tersebut, Anda akan lebih mudah dalam mengatur keuangan, mengembangkan usaha dan juga menyusun strategi usaha.

Catatan arus keuangan, menjadi hal penting yang harus dimiliki untuk bisa merencanakan keuangan dan menyusun laporan keuangan.

Akuntansi keuangan memainkan peran penting dalam kesuksesan UMKM di Bangka Belitung, terutama dalam usaha pertokoan. Pencatatan dan pelaporan keuangan ini krusial bagi UMKM di Bangka Belitung untuk membuat keputusan yang tepat dalam mengelola bisnis mereka. 

– Dilansir dari website resmi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

2. Ringkasan Transaksi Mudah Dibuat

Dengan melakukan kegiatan akuntansi, Anda dapat lebih mudah membuat ringkasan keseluruhan transaksi.

Namun dengan catatan, bahwa sebelumnya Anda sudah melakukan pencatatan seluruh transaksi untuk satu periode akuntansi.

Ringkasan transaksi yang dimaksud dalam akuntansi adalah mengelompokkan transaksi berdasarkan masing-masing kategori.

Tujuan dari pengelompokan tersebut adalah mempermudah memahami pola transaksi dalam satu periode.

Hal ini penting untuk mengidentifikasi adanya kategori yang menyebabkan pengeluaran terlalu besar, sehingga Anda bisa mengakalinya untuk menekan pengeluaran.

3. Bahan Analisa

Manfaat berikutnya yaitu sebagai bahan analisa. Sebagai pelaku usaha khususnya, tentu tujuan usahanya bukan hanya menghasilkan keuntungan.

Lebih dari pada itu, tentu mereka berharap usahanya mampu bertahan di tengah persaingan bisnis dan bisa terus berkembang.

Untuk bisa mencapai tujuan tersebut, mustahil tanpa adanya proses analisa. Akuntansi dilakukan untuk bisa menghasilkan laporan keuangan.

Dimana laporan tersebut harus sederhana dan mudah dimengerti oleh siapa saja. Dari laporan tersebut nantinya bisa dilakukan analisa.

Pengelompokan transaksi, membantu proses analisis menjadi lebih mudah meskipun untuk beberapa periode akuntansi.

Tujuan juga hasil analisa dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, analisa juga tidak melebar dan lebih terarah pada tujuan.

4. Laporan Keuangan

Selanjutnya, manfaat akuntansi yang sangat membantu para pelaku usaha bahkan ibu rumah tangga ialah sebagai laporan keuangan.

Laporan keuangan yang terperinci, akurat dan juga rapi, tidak hanya diperuntukkan bagi usaha berskala besar saja.

Bahkan dalam sebuah keluarga, keberadaan laporan keuangan juga sama pentingnya. Sebuah keluarga baru bisa merencanakan keuangan ketika memiliki dasar yaitu laporan keuangan.

Sementara bagi pelaku usaha, laporan keuangan yang akurat membantu membantu mengukur performa usaha serta menentukan strategi yang tepat untuk menghadapi persaingan. Satu solusi untuk membuat laporan keuangan yang akurat adalah dengan menggunakan software laporan keuangan.

Efektifitas strategi juga bisa diidentifikasi melalui laporan keuangan jangka pendek dari sebuah perusahaan.

Jika tidak cukup efektif, maka bisa segera dilakukan evaluasi untuk perbaikan strategi. Oleh karenanya, baik keluarga, usaha kecil, menengah hingga besar, penting untuk memiliki laporan keuangan.

Anda bisa memilikinya hanya jika melakukan kegiatan akuntansi dengan tepat pastinya.

5. Acuan Pengambilan Keputusan

Manfaat dari akuntansi yang satu ini menjadi kunci kesuksesan sebuah usaha maupun rencana keuangan keluarga.

Dari laporan keuangan yang sudah dianalisa untuk disesuaikan dengan kebutuhan, Anda akan memiliki pertimbangan matang dalam mengambil keputusan.

Bukan hanya berdasarkan pada insting atau perkiraan semata, tetapi pertimbangan yang berasal dari data. Dengan begitu, dapat dipertanggung jawabkan keakuratannya.

Tidak hanya sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan. Dengan akuntansi, memungkinkan Anda untuk membuat proyeksi jangka pendek maupun panjang atas usaha yang tengah berjalan.

6. Manajemen Pajak yang Efisien

Laporan akuntansi yang akurat menghitung pendapatan yang dikenakan pajak dengan tepat dan melakukan pembayaran pajak tepat waktu. Ini menghindari potensi denda dari pembayaran dan pelaporan yang terlambat. 

Selain itu, pengusaha perseorangan, kemitraan, dan perusahaan memiliki perlakuan pajak yang berbeda. Akuntansi dapat memberikan saran kepada bisnis dalam memilih struktur yang meminimalkan kewajiban pajak keseluruhan mereka.

7. Akses yang Lebih Mudah ke Pendanaan 

Saat hendak mengajukan pinjaman atau ingin mencari pendanaan, investor pasti akan ingin tahu laporan keuangan perusahaan terlebih dahulu. 

Laporan keuangan yang akurat dapat memberikan gambaran jelas tentang kesehatan keuangan perusahaan, kinerja masa lalu, dan potensinya di masa depan.

Dengan adanya sistem akuntansi yang transparan, pemberi pinjaman dan investor akan lebih percaya dan cenderung menawarkan pendanaan yang menguntungkan.

Jenis-jenis Akuntansi

Setelah memahami pengertian juga manfaatnya, kini saatnya untuk mengetahui apa saja jenis-jenisnya.

Dengan begitu dapat memilih jenis akuntansi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jenis-jenis akuntansi diantaranya ialah:

  1. Akuntansi keuangan, jenis yang paling umum digunakan karena menghasilkan laporan keuangan secara keseluruhan
  2. Akuntansi pemeriksaan/audit. Digunakan untuk validasi serta verifikasi laporan keuangan.
  3. Akuntansi manajemen, fokus pada pengembangan dan juga manajemen operasional usaha
  4. Sistem akuntansi, digunakan untuk menciptakan sistem keuangan yang efektif dan efisien
  5. Akuntansi biaya, fungsinya berfokus pada analisa biaya yang bertujuan mengontrol besarnya pengeluaran sebuah usaha
  6. Akuntansi perpajakan, fokus pada penghitungan pajak terutang sebuah usaha berikut dengan upaya pelaporannya
  7. Akuntansi pemerintahan. Jenis akuntansi yang digunakan hanya oleh lembaga pemerintahan
  8. Akuntansi perbankan. Jenis akuntansi yang memberikan keuntungan secara selektif bagi pihak-pihak yang berkaitan. Keuntungan diberikan berdasar tafsir data bank, pencatatan, klasifikasi dan juga analisa
  9. Akuntansi anggaran. Sama halnya dengan akuntansi keuangan, jenis ini juga kerap digunakan. Selain sebagai dasar penyusunan anggaran usaha, juga pertimbangan keputusan, agar usaha dapat berkembang sesuai perencanaan

Dari berbagai penjelasan di atas, bisa kita simpulkan jika pemilihan jenis akuntansi harus sesuai kebutuhan.

Dengan begitu Anda bisa memperoleh manfaat akuntansi dengan maksimal untuk dapat mencapai tujuan.

Pemanfaatan teknologi software akuntansi online dengan baik dan tepat, akan sangat membantu Anda mencapai tujuan dengan lebih efektif, efisien juga cepat.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami