Image
Aplikasi Distribusi

Automasi dan sederhanakan proses distribusi bisnis

  • Mempermudah pelanggan berbelanja produk Anda
  • Monitor pergerakan dan stok produk di setiap gudang
  • Kelola invoice dengan sistem yang otomatis
produk yang sudah siap untuk didistribusi ke pelanggan

Mengelola operasional distribusi
agar hemat biaya dan waktu

Mekari memiliki fitur-fitur yang lengkap untuk sistem distribusi bisnis, sehingga Anda dapat memastikan penjualan produk menjadi lebih efektif dan pelanggan mendapatkan produk terbaik dengan cepat.

pergerakan status keluar masuk barang pada aplikasi stok gudang

Pantau aktivitas dan status dari setiap produk

Aplikasi distribusi dari Mekari memiliki fitur yang dapat membantu Anda dalam memantau kondisi setiap produk secara real-time. Dengan pencatatan otomatis, Anda dapat menghindari salah kirim produk atau stok kosong tanpa pemberitahuan.

WhatsApp kami
contoh invoice online dari Jurnal

Sistem invoice online otomatis

Invoice akan dikirim ke pelanggan secara otomatis dan sudah terintegrasi dengan sistem pembukuan dan stok barang. Tidak perlu lagi mencatat secara manual dan minimalisir resiko human error.

WhatsApp kami
lacak status penjualan di aplikasi distribusi

Pelacakan status penjualan produk (sales tracking)

Dengan database yang lengkap, Anda dapat melakukan pelacakan status atas penjualan suatu produk. Dapatkan detail lengkap untuk data diri pelanggan, semua percakapan dengan pelanggan, status penawaran, dan titik kontak dengan perusahaan.

Selain itu, Anda juga dapat memantau performa dari tim sales dengan fitur manajemen KPI dan GPS live tracking. Penjualan akan lebih efektif dan sesuai dengan target.

WhatsApp kami
kelola channel komunikasi dengan pelanggan

Kelola channel komunikasi untuk permudah pelanggan berbelanja

Kirim promo secara masal ke pelanggan dengan efektif melalui pesan notifikasi dan Whatsapp. Kelola semua pesan (Whatsapp, Telegram, Line, Email) dalam satu platform. Dilengkapi juga dengan fitur chatbot terintegrasi yang terintegrasi dengan toko online besar.

HENRY WARDJIMAN

Apa itu aplikasi distribusi?

Aplikasi distribusi adalah sebuah perangkat lunak yang mampu membantu Anda dalam mengelola seluruh proses distribusi yang ada di perusahaan secara otomatis dan terintegrasi. Proses distribusi yang dimaksud adalah aktivitas penjualan, mengelola pesanan, pengiriman barang, penagihan dan pengelolaan stok barang.

Dalam rantai penjualan yang membutuhkan hubungan antara produsen dengan pelanggan, peran distributor sangatlah penting sebagai jembatan antara keduanya. Sehingga, peran utama seorang distributor adalah menjadi penghubung antara produsen dengan konsumen.

Bagi produsen sendiri, distributor memiliki peran sebagai pembantu dalam mendistribusikan barang dan jasa yang dihasilkan produsen kepada pelanggan, sehingga produsen tersebut dapat fokus memantau kelangsungan produksi dan kualitas barang. Jenis pelanggan yang mendapat distribusi barang atau jasa dari distributor dapat berupa grosir maupun konsumen eceran.

Distributor juga berfungsi untuk mendapatkan pelanggan yang sesuai dengan wilayahnya, dan juga dapat melayani pelanggan atau konsumen dengan lebih baik, karena letak yang dekat antara distributor dengan konsumen atau pelanggan. Distributor juga membantu dalam menstabilkan harga di pasaran dengan menghindari penumpukan barang di suatu tempat.

Sementara bagi konsumen, distributor memiliki peran untuk memudahkan konsumen untuk mendapatkan atau membeli barang atau jasa yang dibutuhkan. Salah satunya dengan membangun pusat distribusi yang tersebar di setiap provinsi.

Apakah pernah berpikir dari mana warung atau ritel mendapatkan barang dagangan mereka? Semua ini berasal dari peran distributor yang memberi pasokan barang ke konsumen.

Distributor sendiri dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tipe produk atau jasa yang didistribusikan.

Perusahaan distributor barang adalah salah satu contoh perusahaan yang bergerak di bidang distribusi barang dalam bentuk fisik. Pada proses distribusinya, produsen akan memberikan kepercayaan pada distributor untuk melakukan penyaluran produk kepada grosir atau pengecer. Kemudian grosir atau pengecer yang akan menyalurkan kepada konsumen atau individu.

Contoh distributor barang adalah penyalur barang fisik seperti produk makanan, peralatan rumah tangga, maupun material bangunan.

Perusahaan distributor jasa. Seperti namanya barang yang didistribusikan berbentuk jasa. Karena yang didistribusikan tidak memiliki fisik, maka distributor jenis ini tidak memerlukan penggrosir maupun pengecer, melainkan dapat langsung menjual jasanya ke konsumen akhir (end user). Sehingga secara singkat, distributor mengambil jasa yang akan dipasarkan dari produsen dan kemudian mendistribusikannya langsung kepada pelanggan.

Contoh distributor jasa adalah perusahaan multifinance. Distributor dapat langsung menawarkan jasa finansial kepada konsumen perorangan atau masyarakat umum tanpa perlu melalui penggrosir untuk mempromosikan jasanya.

Kegiatan distribusi oleh distributor sebenarnya tidak asing bagi kita, bahkan jamak kita temui dalam keseharian kita terutama bagi yang memiliki usaha yang memerlukan peran distributor. Baik kita sebagai produsen yang memerlukan pendistribusian barang kepada pelanggan, maupun kita sebagai penggrosir atau pengecer yang memerlukan ketersediaan barang di gudang kita. Tentu, sebagai penggrosir atau pengecer status out of stock tidak diinginkan, bukan? Maka peran distributor penting dalam menjaga alur ketersediaan barang.

Contoh kegiatan distribusi yang sering kita jumpai seperti pendistribusian barang makanan dari produsen kepada pengecer waralaba maupun kepada toko kelontong.

Jika distributor sebagai rantai pertama yang menghubungkan antara produsen dengan pelanggan, sekaligus yang mendistribusikan barang dalam bentuk jadi, maka supplier memiliki peran yang berbeda. Supplier adalah pihak yang menjual barang kepada produsen untuk keperluan produksi secara berkelanjutan.

Karena supplier menjual langsung kepada produsen, maka barang yang dijual umumnya berbentuk mentah. Tidak dipungkiri supplier juga terkadang memerlukan jasa distributor untuk mendistribusikan barangnya. Sehingga ada pula distributor yang mendistribusikan barang dalam bentuk mentah.

Aplikasi distribusi Mekari menjadi solusi bagi para pengusaha  dalam mengelola dan memantau distribusi barang. Software penjualan distributor ini memastikan para distributor mendapat status terkini atas semua aktivitas distribusi, dari status penawaran pelanggan, ketersediaan barang di gudang hingga memantau pergerakan barang.

Pertama, mempermudah dalam mengelola dan memonitor stok barang di gudang. Dengan aplikasi distribusi dari Mekari, distributor dapat dengan mudah dan cepat dalam mengelola stok barang di gudang. Pantau jumlah ketersediaan barang di gudang secara real-time untuk menghindari penumpukan barang maupun barang out of stock. Fitur otomatisasi memudahkan distributor untuk menyimpan dan menginput data barang di setiap gudang secara cepat dan mudah.

Kedua, mempermudah memantau pergerakan barang di gudang. Hindari barang tidak tersedia maupun penurunan nilai atau jumlah barang di gudang. Dengan software penjualan distributor ini, Anda dapat dengan mudah memantau pergerakan dan ketersediaan barang di setiap gudang melalui fitur reminder yang dikirimkan kepada Anda secara otomatis ketika stok mulai menipis.

Ketiga, mempermudah dalam pelacakan status penjualan suatu produk melalui pencatatan status penawaran, data pelanggan, dan semua aktivitas komunikasi dengan pelanggan.

Keempat, mempermudah dalam mengirimkan invoice dan mencatat setiap transaksi yang terjadi dengan sistem pembukuan dan stok barang yang otomatis.

logomark-Mekari

Platform bisnis yang membantu operasional bisnis sehari-hari

Selesaikan lebih banyak tanpa mengkompromikan akurasi dan kecepatan dengan berbagai solusi dari Mekari yang telah digunakan oleh ribuan bisnis.

WhatsApp WhatsApp kami